Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desa Karyamekar Laksanakan Rapat Minggon Rutin dengan Para Ketua RT RW

Kegiatan Rapat Minggon yang diselenggarakan di Kantor Desa KaryaMekar (07/09/2023), antara Perangkat Desa Karyamekar bersama dengan para Ketua RT RW. Rapat ini sudah menjadi program rapat rutin yang dilaksanakan di setiap minggunya pada hari Kamis untuk membahas beberapa permasalahan maupun kegiatan yang akan dilakukan beberapa hari kedepan.  Dalam sambutan Kepala Desa Karyamekar bapak H. Nardi, SM menyampaikan bahwa dalam rapat ini akan dibahas mengenai beberapa hal. Pembahasan yang pertama terkait dengan lokasi akan diadakannya kegiatan Jumat Bersih (Jumsih). Untuk tempat Jumsih sendiri diputuskan secara bersama-sama sesuai giliran RT/RW yang belum melaksanakan Jumsih pada minggu kemarin. Dari beberapa usulan didapatlah keputusan untuk melakukan Jumsih di RT 12. Selain itu, membahas mengenai pembuatan rancangan-rancangan kegiatan desa sebagai bahan musdus. Keputusan dari musdus inilah yang akan diangkat menjadi program penting dalam musrenbang. Program yang diusulkan ini berdasarkan skala prioritas dalam pembangunan desa. Apabila, masih terdapat rencana tahun sebelumnya belum selesai terlaksana, maka pada musrenbang tahun ke depan akan diusulkan kembali program terkait sampai benar-benar selesai dilaksanakan. Dengan demikian, program yang telah lama ada tidak terbengkalai atau bisa dikatakan tertimbun dengan program yang baru Pada rapat ini, tidak hanya dihadiri oleh perangkat desa dan RT/RW saja, namun dihadiri juga oleh  Praja-Praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP (Bhakti Karya Praja). Hadirnya para praja ini dimaksudkan untuk mempelajari bagaimana proses dalam bermusyawarah skala desa. Musyawarah ini berisi mengenai penyusunan rumusan RKPDes, Rensta Desa, RenjaDes, RAPBDes dan lain sebagainya yang akan di bahas dalam musrenbang.  Dilakukan kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan partisipasi para ketua RT/RW dalam pengembangan masing-masing wilayahnya serta untuk meningkatkan tali silahturahmi antar perangkat desa. Hal tersebut ditujukan agar para perangkat desa dapat bekerja sama dalam membangun desa menuju ke desa maju.

Kunjungan Praja IPDN Dalam Rangka Pelaksanaan Bakti Karya Praja (BKP) ke Desa Karyamekar

Pada Senin, 6 September 2023, 8 Praja IPDN diterjunkan ke Desa Karyamekar. Kunjungan tersebut dalam rangka untuk melaksanakan Bakti Karya Praja (BKP) yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan BKP ini dilaksanakan selama 14 hari dengan mengusung tema "Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Penguatan Lembaga Perekonomian Desa Melalui Webdesaku". Para Praja IPDN ini kemudian melaksanakan program kerjanya terutama untuk meningkatkan pengembangan desa melalui potensi desa serta mengikuti beberapa program utama di Desa Karyamekar.  Pada hari pertama Kepala Desa Karyamekar menyambut kedatangan Praja IPDN di Kantor Desa Karyamekar. Dalam pertemuan selama satu jam, Bapak H. Nardi, SM, selaku Kepala Desa mengajak berdiskusi dengan memperkenalkan bagaimana potensi yang ada di desa. Beberapa program desa juga telah dijelaskan seperti adanya program Minggon Rutin, Jumat Sholawat (Jumsol), dan Jumat Bersih (Jumsih). Dari program tersebut dilaksanakan pada setiap minggu di hari Kamis dan Jumat. Kemudian Praja IPDN dalam hal ini juga akan berpartisipasi penuh untuk mengikuti program tersebut. Diharapkan dengan adanya Praja IPDN yang ikut langsung dalam kegiatan di Desa Karyamekar ini mampu memberikan dampak positif serta beberapa perubahan untuk pengembangan desa. Lebih utamanya apa yang menjadi potensi desa dapat dieksplor dengan baik dari UMKM untuk ditingkatkan BUMDES-nya dengan menggunakan Webdesaku yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Serta sinergitas antara Praja IPDN dengan masyarakat desa karyamekar maupun dengan perangkat desa dapat dibangun dengan baik.

Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum

(02 September 2023) Kepala Desa Karyamekar bersama Bapak Camat Cibatu menghadiri Acara Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Penghargaan JDIH Tahun 2023, bertempat di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung. Kegiatan ini merupakan agenda acara West Java Festival Tahun 2023 dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Jawa Barat yang ke-78 yang akan diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia dalam acara ini meresmikan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan memberikan Anugerah JDIH atau JDIH Award Tahun 2023 sebagai bentuk apresiasi dan pengakuan atas kinerja pemerintah dalam pelayanan hukum, yang harapannya menjadi pemacu semangat untuk seluruh Pemerintah Daerah/Desa/Kelurahan untuk memberikan kinerja terbaik dalam pelayanan dokumentasi dan informasi hukum kepada masyarakat. Peningkatan kesadaran hukum masyarakat merupakan salah satu modal besar bagi pemerintah dalam menghadapi tantangan global. Karena suatu daerah yang tingkat kesadaran hukumnya tinggi, sangat mendukung iklim investasi. Hal ini sangat erat kaitannya dengan komitmen Presiden RI, Ir. Joko Widodo untuk terus melakukan upaya peningkatan dan pembenahan salah satunya dalam sektor investasi/ kemudahan berusaha (Ease Of Doing Business) sebagai bekal dalam menyongsong era perdagangan bebas. Dalam Acara ini Desa Karyamekar meraih Penghargaan sebagai Desa Sadar Hukum dari Menteri Hukum dan Gubernur Jawa Barat. Semoga dengan tercapainya penghargaan ini dapat Menjadikan contoh bagi desa - desa yang lain dan dapat Mengukuhkan Desa-Desa Binaan di Wilayah Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 sebagai Desa Sadar Hukum. Semoga dengan terselengaranya kegiatan ini dapat mewujudkan kesadaran hukum masyarakat, sehingga setiap anggota masyarakat dan aparat pemerintah menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya, serta mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum di Negara Indonesia.

Restocking & Pemberikan Sembako

Kamis, ( 31 Agustus 2023 ) Kepala Desa Karyamekar H.Nardi,SM bersama Ibu Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melaksanakan Restocking Benih Ikan Nila sebanyak 150.000 ekor & Pemberian Bantuan Sosial bagi Lansia bertempat di Kp. Sukasari RT.08/03 Desa Karyamekar, Kec.Cibatu Kab.Purwakarta Dengan restocking benih ikan nila, diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan nila dan juga dapat memberikan manfaat ekonomis bagi warga masyarakat Desa Karyamekar. Selain itu, Ambu Anne juga memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada para lansia di Desa Karyamekar. Bantuan ini diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan dan gizi para lansia.

Pelatihan dan Cara Pengelolaan Webdesaku

Rabu, 10 Agustus 2022, Dalam kegiatan Pelatihan Webdesaku yang dilaksanakan di Bale Maya Datar Kabupaten Purwakarta, Yus Djunaidi Rusli S.STP,M.M.SI Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika menyampaikan bagaimana cara mengelola Website Desaku sebagai media keterbukaan informasi dan pemberdauaan ekonomi masyarakat. Selanjutnya jurnalis Adi Kurniawan Tarigan memberikan pelatihan bagaimana cara membuat berita yang baik dan benar kepada Operator Desa se- Kabupaten Purwakarta,