Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Melalui Kegiatan SELASIH (Selasa Bersih), Bersinergi Bersama Mewujudkan Lingkungan Bersih Dan Nyaman

Kegiatan Selasih (Selasa Bersih) merupakan sebuah program yang dicetuskan oleh Camat Cibatu yang berarti kegiatan untuk membersihkan lingkungan sekitar, dilaksanakan setiap hari selasa yang dilakukan secara bergiliran perdesa yang ada di Kecamatan Cibatu. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh elemen penyelenggara pemerintahan Kecamatan Cibatu bersama juga dengan masyarakatnya.  Kegiatan Selasih yang dilaksanakan kemarin Selasa, 12 September 2023 di desa Cilandak  juga didukung oleh praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP (Bhakti Karya Praja) di Kecamatan Cibatu. Seluruh penyelenggara pemerintahan di Kecamatan Cibatu dan masyarakat serta Praja IPDN saling bekerja bersama-sama untuk membersihkan lingkungan desa Cilandak demi mewujudkan desa yang bersih dan nyaman. Diharapkan kegiatan Selasih ini dapat terus rutin dijalankan agar dapat terjalin kerjasama antar seluruh penyelenggara pemerintahan di Kecamatan Cibatu dengan masyarakat dan agar terus terciptanya lingkungan yang bersih dan nyaman untuk ditempati.  

Kegiatan Posyandu Balita Di Wilayah Desa Karyamekar

Selasa, 12 September 2023, dilaksanakan adanya kegiatan Posyandu Balita di salah satu wilayah Desa Karyamekar yaitu yang bertempat di RT 05/ RW 02 Cikuda. Kegiatan posyandu balita ini merupakan pelayanan dari Pusekesmas Kecamatan Cibatu yang diberikan kepada bayi serta balita di setiap desa. Manfaat posyandu balita yaitu diantaranya memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, serta konsultasi mengenai kesehatan anak. Para ibu membawa bayi dan balita mereka ke posyandu untuk diperiksakan pertumbuhan serta kesehatannya. Kegiatan posyandu ini dipandu oleh Ibu Bidan yang bertugas di Desa Karyamekar serta dibantu oleh ibu-ibu pengurus posyandu di RW 02. Pada saat bayi maupun balita datang mereka langsung melakukan penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan. Setelah itu hasil pengukuran tersebut dicatat dalam buku, untuk diketahui status pertumbuhan balita sebagai upaya untuk melihat serta pemantauan terhadap tumbuh kembang anak. Kemudian balita yang berusia 0-5 tahun diberikan makanan tambahan berupa telur. Kegiatan Posyandu Balita ini dilakukan pada setiap bulan di minggu kedua. Dengan penyelenggaraan Posyandu Balita ini, diharapkan semakin banyak ibu yang rajin dan rutin membawa anak mereka mengunjungi posyandu balita, sehingga kesehatan bayi dan balita dapat terpantau dengan baik. Apabila ada hal-hal yang ingin ditanyakan juga dapat berkonsultasi dengan ibu bidan. Serta dengan posyandu ini juga untuk mendata terkait dengan ibu hamil yang ada di wilayah RW 02. 

Pimpin Apel Pagi, Camat Cibatu Tekankan Praja IPDN Terapkan 3S

Apel pagi merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai tujuan yaitu memberikan arahan dan bimbingan sebelum melakukan segala bentuk aktifitas baik dalam lembaga pendidikan maupun lembaga pekerjaan. Apel pagi juga berfungsi sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kinerja yang lebih baik dalam melayani masyarakat melalui peningkatan disiplin pegawai yang tidak hanya terkait jam masuk dan pulang kerja saja tetapi juga disiplin dalam penyelesaian tugas dan tanggung jawab dari masing-masing pegawai. Seperti yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cibatu kemarin hari Senin, 11 September 2023, yang diikuti oleh seluruh pegawai kantor Kecamatan Cibatu, para Kepala Desa, Anggota Polsek Kecamatan Cibatu, Anggota Koramil Kecamatan Cibatu, dan siswa SMK yang sedang melaksanakan magang, serta diikuti juga oleh Praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP (Bhakti Karya Praja) di Kecamatan Cibatu. Selain memberikan arahan sebelum melakukan segala bentuk aktifitas di lingkungan lembaga pekerjaan, Camat Cibatu juga menekankan Praja IPDN yang sedang melaksanakan BKP untuk terapkan 3S yaitu Sport, Sing, and Smile yang harus dapat diterapkan oleh seluruh Praja IPDN agar dapat cepat berbaur dengan masyarakat. Diharapkan apel gabungan seperti ini dapat rutin dilakukan di Kecamatan Cibatu agar dapat terjalin sinergitas dan kerja sama yang baik antar seluruh penyelenggara pemerintahan di Kecamatan Cibatu.  

BLT Tepat Sasaran! Hidup Rakyat yang Perlu Bantuan di Desa Karyamekar Terjamin

Senin (11-09-2023) pada pukul 16.00 kemarin, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada lansia yang kurang mampu di lakukan di Ruang Pertemuan Kantor Desa Karyamekar. Bantuan Langsung Tunai yang dilakukan kemarin merupakan bantuan tahap II dengan tujuan membantu perekonomian rakyat, khususnya lansia yang kurang mampu, baik finansial dan tenaga dalam  bekerja. Semua target tujuan pemberian BLT hadir semua dikarenakan pemberian BLT wajib diterima langsung kepada orang yang bersangkutan. Bantuan ini diserahkan langsung oleh perwakilan dari perangkat-perangkat desa. Pembagian BLT ini juga disaksikan dan dihadiri oleh Babinsa Desa Karyamekar serta Praja IPDN yang sedang BKP di Desa Karyamekar. Diharapkan dengan disalurkannya BLT ini secara tepat dan cepat dapat membantu hidup rakyat yang memerlukan. Senyum dan tawa yang tergambar di raut muka yang telah keriput tersebut gambaran dari kepuasan hati dapat membantu mereka. 

Pelaksanaan Kerja Bakti di Lingkungan RT 12 Desa Karyamekar Bersama Praja IPDN

Kerja bakti merupakan salah satu kebudayaan dan sudah menjadi identitas masyarakat Indonesia. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan bersama-sama secara gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar atau membangun infrastruktur. Kebiasaan kerja bakti ini biasanya dilakukan oleh masyarakat desa. Di Desa Karyamekar kegiatan kerja bakti masih dilaksanakan pada setiap minggunya yaitu pada hari Jumat. Bahkan kegiatan ini menjadi rutinitas maupun program desa yaitu Jumat Bersih (Jumsih). Untuk penentuan titik kerja bakti yaitu berdasarkan dari hasil Rapat Minggon yang dilaksanakan sebelum acara kerja bakti.  Berdasarkan hasil Rapat Minggon, bahwa kerja bakti Desa Karyamekar pada hari Jumat, 8 September 2023 dilaksanakan di RT 12. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan yaitu membersihkan jalan maupun lingkungan sekitar.  Kegiatan kerja bakti diikuti oleh beberapa warga masyarakat, ketua RT, perangkat desa, Babinsa Desa Karyamekar, serta dibantu 8 Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bakti Karya Praja (BKP). Kerja bakti dilakukan dengan membersihkan rumput liar yang ada di sepanjang jalan. Kegiatan Jumsih ini berdampak positif bagi lingkungan sekitar maupun warga masyarakat. Dimana kebersihan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan dan keasrian lingkungan. Dengan adanya kerja bakti ini maka akan meningkatkan kepedulian warga terhadap lingkungan serta menumbuhkan silaturahmi baik itu sesama warga masyarakat maupun dengan Perangkat Desa Karyamekar.