Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

GIAT SELASA BERSIH TINGKAT DESA SE - KECAMATAN CIBATU.

Selasa, ( 4 Desember 2023 ) Guna mengantisipasi  terjadi banjir dan pohon tumbang pada musim hujan saat ini, Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta melaksanakan kegiatan program tingkat kecamatan yaitu Selasih ( ( Selasa Bersih ). Kegiatan tersebut juga diikuti dengan pembersihan parit/selokan di seputaran Jalan Desa Karyamekar Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya nyata untuk mengantisipasi terjadi banjir dan pohon tumbang. Aksi Selasa Bersih di Jl Desa Karyamekar ini dilakukan karena terdapat selokkan yang terhambat oleh sampah dan ranting pohon jatuh ke jalanan. Kegiatan yang digelar secara gotong royong itu juga melibatkan unsur Kecamatan Cibatu, , Danramil Cibatu,Kapolsek Cibatu, Semua Aparat Desa dan Warga Masyarakat. Sekretaris Desa juga mengimbau kepada  masyarakat yang memiliki pohon tinggi baik yang berada pada pekarangan rumah maupun yang menjulur ke jalanan agar dapat dilakukan perompesan. Hal ini harus dilakukan untuk mengindari  hal-hal yang membahayakan orang lain maupun pengguna jalan.

Rapat Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari PBB-P2.

Purwakarta (30 November 2023) Kepala Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta menghadiri kegiatan Rapat Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah yang di hadiri oleh Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha didampingi Kepala Bapenda Purwakarta Dr. Aep Durohman, S.Pd, M.Pd memimpin Rapat Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Asli Daerah dari PBB-P2, bertempat di Aula BJB Purwakarta Rapat ini dalam rangka membahas langkah-langkah stategis Pemerintah Daerah untuk mendorong optimalisasi potensi pajak dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Purwakarta melalui sektor-sektor terkait. Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) adalah salah satu pajak pusat yang diserahkan pengelolaanya ke pemerintah daerah sehingga menjadi pajak daerah. PBB-P2 sebagai pajak daerah diharapkan dapat berkontribusi maksimal terhadap penerimaan daerah khususnya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan terlaksananya kegiatan ini semoga pengelolaan PBB-P2 di Kabupaten Purwakarta kedepannya akan lebih baik, sehingga menghasilkan penerimaan PBB yang optimal dan mencapai target.

MENINJAU LANGSUNG PROGRAM KETAHANAN PANGAN HEWANI

Karyamekar, Rabu 29 November 2023. Pemerintah Desa Karyamekar bersama Kasi PMD Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta telah meninjau kegiatan Penyaluran Program Ketahanan Pangan Hewani ( Domba ) yang dipimpin oleh  Dalam kegiatan ini sekretaris desa didampingi oleh staff dari kecamatan dan pendamping lokal desa menjelaskan kepada para penerima program ketahanan pangan hewani tentang juknis dan ketentuan yang ditetapkan dalam program ini ketahanan pangan tersebut. Kasi PMD kecamatan cibatu berpesan kepada warga yang mengelola hewan ternak dalam program ketahanan pangan ini untuk memanfaatkan dan mengelola hewan ternak ( domba ) untuk dapat dikembangbiakkan sehingga mempunyai banyak keturunan dan dapat memberikat hal positif dalam program ketahanan pangan di kalangan masyarakat.

Camat Cibatu Meninjau Langsung Program Ketahanan Pangan.

Karyamekar, 27 November 2023 Camat Cibatu bersama Kasi PMD serta staff dari kecamatan meninjau langsung realisasi ketahanan pangan di desa Karyamekar. Tim monitoring kecamatan cibatu didampingi langsung oleh Kepala Desa serta Perangkat langsung meluncur ke lokasi setelah melakukan briefing bersama di aula desa. Salah seorang warga di rw 02 cikuda yang merupakan penerima program ketahan pangan mendapat kunjungan dari pihak kecamatan serta Pemerintah Desa, camat cibatu berpesan kepada warga tersebut untuk bisa mengelola dan memanfaatkan hewan ternak (domba) untuk dapat dikembangbiakan sehingga mempunya banyak keturunan dan dapat memberikan hal positif ketahanan pangan di masyarakat. Selain itu Camat juga mengapresiaisi kinerja Pemerintah Desa dalam realisasi ketahan pangan, menurut nya Desa Karyamekar telah melaksanakan program ketahan pangan dengan baik dari segi penyaluran dan juga dari sisi administrasi. Kepala desa juga berterimaksih atas apresiasi yang diberikan kepada desa karyamekar serta akan terus meningkatkan program ketahanan pangan ini.

Monev Kecamatan Sebagai Bentuk Pembinaan Baagi Aparatur Pemerintah Desa

Kegiatan Monitoring & Evaluasi (Monev) dalam pelaksanaan Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2023 di Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta dilaksanakan pada siang tadi, Senin, 27 November 2023. Tim Monitoring yang hadir terdiri dari Camat Kanor, Kasi PMD dan beberapa staf dari Kecamatan Cibatu. Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya. Pada kegiatan monev ini, Tim akan memeriksa dokumen dokumen yang dibutuhkan seperti SPJ, administrasi pelaporan kegiatan dan lainnya. Secara keseluruhan capaian kinerja Pemerintah Desa Karyamekar dinilai cukup baik dalam menjalankan kegiatan baik yang administratif dan pembangunan yang tercantum di dalam APBDesa 2023. Meskipun masih terdapat catatan-catatan yang perlu dibenahi. Camat Muhammad Kosim, S.STP. M.Si menuturkan administrasi desa dan pembangunan fisik Desa Karyamekar Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta sudah berjalan baik, namun masih perlu melengkapi beberapa data pendukung yang belum lengkap, baik administrasi maupun fisik yang sudah disampaikan dalam hasil evaluasi.